Minggu, 19 Juni 2016

Mantan

Mantan



Haii gais, apa kabar kalian, sehat kan? Maap ya udah lama nih aku gak nulis lagi. Ya wajarlah namanya juga orang ganteng kadang lupa buat nulis, kadang lupa kalo masih ganteng dan yang paling parah sampe sekarang lupa kalo punya pacar. *oke abaikan*. Kali ini aku mau bahas tentang Mantan. Ciyee yang senyum senyum karena mantannya mau dibahas. Hahaha. Oke langsung aja kita ke topik yaaa. 

Cek this out (cekidot) !!!

Mantan. Kenapa aku bahas mantan? Karena disini aku coba mau ngerubah pola pikir (mindset) kita semua tentang sosok mantan. Karena kebanyakan dari kita pasti beranggapan bahwa sosok mantan itu sosok yang paling menyebalkan, sosok yang paling menjijikkan, sosok yang paling dibenci, padahal sebenarnya tanpa kalian sadari sosok mantan itu adalah sosok yang paling berjasa didalam diri kita, khususnya didalam hubungan percintaan. Kenapa?? Jawabannya simple sih, tanpa mantan apa kalian bisa kenal yang namanya jatuh cinta, tanpa mantan apa kalian tau gimana rasanya hati berbunga bunga, tanpa mantan apa kalian tau gimana rasanya itu cemburu, tanpa mantan apa kalian pernah ketawa balas sms / bbm sambil cekikikan, tanpa mantan apa kalian pernah ngerasai gimana rasanya khawatir karena gak dapat kabar seharian, tanpa mantan apa kalian pernah dikasi sesuatu yang spesial dihari ulang tahun kalian? Jawabannya gak kan?? Maka dari itu mantan itu sebenarnya bukan sosok yang perlu dibenci apalagi di jelek jelekin. 

Kadang aku suka heran sama orang yang suka ngebullly atau ngejelekin mantan sendiri. Padahal sewaktu masih pacaran semua pujian, semua kata kata indah, semua kata kata romantis pernah kalian ucapkan ke doi. Ada lagi yang lebih parah ngejelekin mantan sampe ngemaki maki, ngenyumpahin segala. Pertanyaan aku cuma satu untuk orang yang sering kayak gitu "apa kita gak ngerasa kita juga disebut mantan sama orang lain"? Berati kalo kita ngejelekin, nyumpahin mantan berati secara gak langsung kita juga udah ngejelekin dan nyumpahin diri kita sendiri. ( nah mulai malu sendiri kan pernah ngatain mantan sendiri). 

Mantan itu bukan sosok setan yang harus ditakutin dan mantan itu juga bukan sosok pahlawan nasional yang harus dikenang setiap ada tanggal merah dikalender. Mantan itu sebenarnya sosok seorang guru (dalam hal hubungan percintaan) karena dia udah banyak berikan sesuatu yang awalnya kita belum rasakan. 
Mantan itu sebaiknya dijadikan pelajaran untuk memulai hubungan baru dengan orang yang baru. Hal apa yang membuat hubungan kita kandas dengan mantan yang dahulu, sebaiknya itu yang harus dijaga dan jangan diulangi lagi dengan hubungan yang baru. 

Tapi bang yang namanya mantan itu pasti semua buat sakit hati? 

Siapa bilang? gak semua. Tingkat sakit hati kita sama mantan itu tergantung bagaimana akhir hubungan cinta kita. Contoh : orang yang putus karena diselingkuhi pasti tingkat sakit hatinya dengan orang putus karena larangan orang tua.
Penyebab putus itu ada beberapa penyebab. Misal :

1. Ada yang putus karena ngerasa jenuh      karena udah lama berhubungan. 

Orang yang pacaran dalam kurun waktu lebih dari 3 tahun pasti sering ngalamin hal ini. Dan menurut cerita dan pengalaman pribadi, titik jenuh didalam pacaran itu ya dimasa 3-4 tahun. Kalau  bisa ngelawati masa masa sulit itu berati hubungan itu bisa bertahan selamanya. ~ Katanya sih (tergantung pribadi masing masing).


2. Ada yang putus karena masalah jarak (LDR). 

Putus karena LDR ini memang sering didengar dari pada alasan lain. Alasannya cuma satu "karena gak semua orang itu mampu menjalani hubungan jarak jauh". Dan menurut aku hubungan yang paling rumit itu ya LDR. (Gak perlu terlalu dijabarin karena udah aku bahas di artikel sebelumnya). 


3. Ada yang putus karena diselingkuhi. 

Biasanya tingkat sakit hati tertinggi sama mantan penyebabnya ini. :)) ya wajar sih, siapa juga di dunia ini yang mau diselingkuhi. Tapi bicara masalah selingkuh jangan langsung ngjudge kalo pacar kita yang selingkuh itu memang cewek / cowok yang gak baik, gak setia dll. Pernah gak kita bertanya didalam diri kita sendiri "kenapa pacarku sampe selingkuh sama orang lain? Apa karena aku terlalu cuek? Apa karena aku terlalu posesif? Atau apa karena aku udah gak senikmat dulu? *oke ini abaikan*. Artinya sebaiknya kita untuk mengkoreksi diri kita sendiri sebelum menghakimi orang lain. 

4. Ada yang putus karena orang ketiga. 

Berada diposisi ini juga gak enak, apalagi kalo kita yang jadi korban kandasnya hubungan kita  karena orang lain. Disini juga bingung ngejelasin yang salah itu orang ketiganya kah? Atau orang yang menerima orang ketiga itu untuk masuk ke hubungan mereka. Tapi sih kalo kita pakr logika "gak akan mungkin seorang tamu masuk kerumah kalo bukan karena  tuan rumah membukakan pintu atau mempersilahkan masuk" kalian pasti tau artinya apa. 


5. Ada juga yang putus karena gak direstui sama orang tua. 

Berada dihubungan ini sebenarnya paling gak enak. Bayangin aja disaat kita ngerasa pilihan kita udah tepat disaat itu pula orang tua kita ngerasa pilihan kita itu salah. Orang yang sedang jatuh cinta itu biasanya akan tuli. Iya tuli dengan nasehat dan pendapat orang lain, termasuk nasehat orang tua. Kadang kita menggangap orang tua kita salah karena udah ngelarang kita berhubungan dengan seseorang, tapi ingat, orang tua kita lebih bisa menilai dan merasakan apakah pasangan kita itu tepat atau tidak. 

Itu tadi beberapa contoh beserta sedikit ulasannya. 

Terus kau sendiri gimana bang? Pernah sakit hati gak sama mantanmu?
Alhamdulillah dan Puji Syukur sampe sekarang ini aku belum pernah ngerasain rasanya sakit hati sama mantan. Ini juga sih yang buat aku untuk nulis judul ini, untuk jelasin jangan pernah membenci mantan. 

Sifat buruk dan kejelekan mantan itu gak perlu diceritakan ke orang lain. Cukup kita yang tau gimana sifat buruknya. Apalagi sampe diumbar umbar ke Teman. Ibaratnya mantan itu kita umpakan sebuah benda yang kita masukkan kedalam sebuah lemari, setelah dimasukkan kelemari kunci lemari itu rapat rapat kemudian buang kuncinya.   Orang lain gak perlu tau, cukup kita aja yang tau apa isi didalam lemari itu. 


"Kalian yang telah mengenalkanku arti cinta, arti ketulusan dan arti kesetian. Tetapi kalian juga yang mengenalkanku arti sakitnya kehilangan. ~ Mantan"

"Terima kasih buat kalian, yang udah pernah singgah didalam hidupku, yang pernah menemani hariku dalam canda dan tawa. ~ Mantan"

"Banyak kenangan dan yang udah kita lewati, semua akan kusimpan dan kujadikan pelajaran untuk aku memulai hubungan baru dengan orang lain. ~ Mantan"

"Terima kasih buat kalian, karena kalian aku jadi lebih baik menjalani hubunganku dengan orang lain. ~ Mantan"

Sekian dulu ya pembahasan tentang mantan, semoga setelah baca tulisan itu rasa benci kalian ke Mantan sedikit berkurang. Aku nulis ini bukan berati ngajak kalian untuk balikan lagi ke mantan. Setiap orang bebas menilai dan beranggapan apa tentang mantan. Dan apa yang aku tulis diatas itu pendapat aku tentang mantan. Semoga kalian suka dengan tulisan diatas. 

Kata terakhir ditulisan ini "Yang penting itu bukan bagaimana cara kita untuk melupakan mantan, tapi bagaimana cara kita untuk menghilangkan rasa cinta kita ke mantan" 


nb : tinggalkan komentar kalian jika kalian punya pendapat lain.
Terima kasih udah baca tulisan ini. 
http://robinarnaldo.blogspot.co.id/2014/08/mantan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar